Dolar Terus Naik, Apakah Harga Ban Import Juga akan Naik?

Dolar Terus Naik, Apakah Harga Ban Import Juga akan Naik?

Dolar Terus Naik, Apakah Harga Ban Import Juga akan Naik?

Nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) terhadap Rupiah sampai saat masih lumayan tinggi. Sampai berita ini diturunkan, kurs dolar masih bertahan di atas Rp 14.900.

Pelemahan rupiah ini rupanya dirasakan mempengaruhi sekian banyak sektor tak terkecuali otomotif, tergolong industri pendukungnya, laksana ban impor.

Hal itu dikatakan Deputy General Manager PT YHI Indonesia (ban Yokohama Indonesia), Eka Satria ketika peluncuran Advan dB V552 di area Blok S, Kebayoran Baru, Jakarta.

Yokohama Advan dB V552, yang dianggap mempunyai kesenyapan terbaik di kelasnya.

Pengguna ban ini dijanjikan akan mendapat pengalaman berkendara dengan atmosfir kabin yang tenang dan nyaman, sebab tingkat kebisingan yang didapatkan oleh ban ini paling minimal

Kehadiran ban ruang belajar premium ini sekaligus sebagai penerus ban Yokohama seri Advan dB generasi sebelumnya, yaitu Advan dB V551 yang dikenalkan 8 tahun lalu.

“Setelah 8 tahun, kami mengenalkan ban produk baru yakni Advan dB V552 sebagai penerus ban berkarakter senyap,” ujar Deputi General Manager PT YHI Indonesia, Eka Satria, di Jakarta, Rabu.

Advan dB V552 dianggap mempunyai teknologi yang dapat meminimalisir tingkat kebisingan sampai 30 persen dibanding produk sebelumnya.

Tingkat kebisingan yang lebih rendah ini didapatkan lewat desain ulang pada ban yang merangkum semua unsur desain, tergolong desain pola telapak, format profil, dan struktur ban yang dapat menurunkan tingkat kesenyapan.

Ban ini pun menggunakan bahan gabungan baru yang antara beda berasal dari karet sintetis, karet alam dan minyak kulit jeruk, kemudian diubah dengan teknologi kepunyaan Yokohama.

Dari hasil pengujian internal, ban Advan dB V552 mempunyai jarak pengereman dalam situasi basah 6 persen lebih pendek dan hambatan gulir 5 persen lebih rendah dibanding produk sebelumnya.

Ban ini dapat digunakan oleh mobil-mobil berjenis premium sedan, premium MPV, premium grade compact, serta mobil hibrid dan listrik.

 

Harga Ban Mobil
Harga Ban Mobil

 

Yokohama Advan dB V552 terdapat mulai dari ukuran 14 inci sampai 20 inci dengan kisaran harga ban mobil antara Rp 1 juta hingga Rp 3 juta, tergantung besarnya ukuran yang dipilih.

Kemunculan ban teranyar Yokohama Advan dB V552 melewati PT YHI Indonesia di rasakan kurang tepat sebab kenaikan nilai mata duit dollar terhadap rupiah.

Meski demikian, mereka tak ambil pusing. Berdasarkan keterangan dari Eka,walau ada penurunan penjualan, tetapi tak terdapat yang signifikan. Termasuk tak memasang target angka secara khusus guna kemunculan ban sangat baru Advan dB V552.

“Target kami mengenalkan Yokohama sebagai produk ban berbobot | berbobot | berkualitas dan dinikmati masyarakat,” ucap Eka, Rabu (5/9/2018).

Akan namun Eka tak menampik, bakal ada pengaruh eskalasi dollar terhadap produknya lantaran ban buatannya Impor dari Jepang.

Karena itu, Yokohama Indonesia bakal melakukan penilaian lebih lanjut baik tentang pasar ketika ini dan yang bakal datang sehingga dapat memenuhi market share atau sales.

Kata Eka, dengan eskalasi dolar, maka harga ban bakal ikut menyesuaikan. Hanya saja, Eka tak melafalkan berapa eskalasi harga ban Yokohama.

Ban Yokohama Bukan Pesaing Ban Buatan Lokal
Kehadiran ban teranyar Yokohama Advan dB V552 rupanya bukan suatu hambatan untuk ban yang terdapat dipasaran dan diciptakan secara lokal di Indonesia.

Bahkan Eka tak cemas ban terbaruya mendapatkan kompetisi ketat dengan banyaknya ban yang dijual di Indonesia, dengan harga lebih terjangkau. Sebab, menurut keterangan dari Eka, ban pabrikan lokal bukan pesaing utama.

“Tapi (ban Yokohama) lebih untuk pelengkap untuk menyerahkan pilihan untuk masyarakat, mempunyai ban terbaik. Karena kami ini targernya premium, jadi enggak terdapat target secara angka,” jelasnya.

“Target market kami tidak berlebihan, asal customer atau pasar dapat menikmati. Kita masukan guna premium car yang ukuran-ukurannya dicocokkan dengan keperluan untuk nice market yang masih ada,” sambungnya.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *